Rapat Koordinasi Pembentukan Komcad 3 Matra Tahun 2022

    Rapat Koordinasi Pembentukan Komcad 3 Matra Tahun 2022

    MOJOKERTO - Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto didampingi para Kasi Korem mengikuti Rapat Koordinasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat, Laut dan Udara bersama Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha secara Video Conference bertempat di Ruang Puskodalops Korem 082/CPYJ, Jl. Veteran No.3 Kota Mojokerto.Senin (29/11/2021)

    Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha menyampaikan bahwa, dalam menjaga kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI dibutuhkan Sistem Pertahanan negara yang bersifat semesta, total, terpadu, terarah dan berkelanjutan yang melibatkan semua komponen bangsa. Oleh karena itu, pembentukan Komcad adalah sebuah keharusan sebagaimana amanat Undang-undang.

    Untuk tahun 2021 dari rencana membentuk 25.000 komcad, baru terealisasi sebanyak 2.500 yang tersebar di Wilayah Kodam Jaya, Kodam III, Kodam IV, Kodam V dam Kodam XII masing masing sebanyak 500 orang. Diantara 500 orang yg dididik di Kodam V ada 162 orang putera Papua.

    Untuk tahun ini (2022) kita akan membentuk 5 Batalyon Komcad terdiri dari 3 Batalyon  AD, 1 Batalyon AL dan 1 Batalyon AU dengan daerah perekrutan meliputi Sumatera (Kodam II), Kalimantan (Kodam VI) dan Sulawesi (Kodam XIV), sementara Jawa Barat untuk pembentukan Balayon AU dan Jawa Timur untuk pembentukan Batalyon AL

    Sementara itu Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto menyampaikan bahwa, penerimaan Komcad kali ini merupakan yang kedua, dengan dibentuknya Komcad diharapkan akan memperkuat TNI dalam mempertahankan keutuhan NKRI.

    "Komcad merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama. Oleh karena itu jajaran Korem 082/CPYJ yang nantinya terlibat agar ikut serta mensukseskan program Komcad Kemenhan RI tahun 2022. Rencanakan dengan baik, dan terstruktur, agar pelaksanaan penerimaan Komcad dapat terlaksana dengan baik pula. Untuk diketahui, di jajaran Korem 082/CPYJ terdapat 84 orang Komcad gelombang I yang tersebar di Kodim Jajaran.” ujar Danrem(Penrem CPYJ)

    Basory Wijaya

    Basory Wijaya

    Artikel Sebelumnya

    Antisipasi Banjir, Koramil 0812/11 Kedungpring...

    Artikel Berikutnya

    Babinsa Koramil 0815/06 Kemlagi Semangati...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Polda Jatim Tetapkan Tersangka 4 Kades di Bojonegoro Diduga Korupsi Dana BKK
    Respon Cepat Polda Jatim Tangani Konten Medsos Diduga Bernuansa Asusila dan Sara
    Tony Rosyid: Ikut Pilgub Jakarta, Anies Disambut Antusias Para Pendukungnya
    Bakamla RI Persiapkan Patroli Terkoordinasi "Operasi Gannet-8"

    Ikuti Kami